Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Senin, 19 Desember 2011

Tips merawat kamera Analog












Walaupun sekarang sudah jaman Digital dan serba Auto, namun masih banyak orang yang setia menggunakan kamera analog (film). Dari yang point and shoot, SLR, RangeFinder sampe TLR . Nah merawat kamera tua / analog seperti ini butuh perawatan yang rutin agar tidak mengurangi peforma kamera itu sendiri. Caranya tidak sulit asal terampil dan rutin saja seperti :
  • Merawat Body Kamera
Rata-rata body Kamera analog adalah berbahan kulit dan Besi atau alumunium . cara merawatnya tidak sulit , cukup dengan Kain lembut, Blower dan cairan pembersih khusus. Pertama, bersihkan debu disudut-sudut kamera menggunakan blower lalu di lap menggunakan kain keseluruh body apabila ada noda-noda yang sulit dibersihkan gunakan cairan pembersih khusus dengan menyemprotkan terlebih dahulu ke kain baru ke body kamera.
  • Merawat Lensa
Inilah Bagian utama dan terpenting bagi kamera sekaligus peka dan sensitif. merawat lensapun juga tidak sulit asalkan benar dan rutin. Pertama bersihkan debu menggunakan blower lalu lap lensa dengan menggunakan Tissue lensa . (jangan menggunakan kain biasa, tissue biasa karena akan menggores permukaan lensa). apabila dibutuhkan agan pun bisa menggunakan Lens Cleaner agar lebih bersih namun yang saya sarankan cukup blower dan tissue lensa saja.
  • Penggunaan Baterai Pada Lightmeter (jika kamera terdapat Lightmeter)
Lightmeter sangat dibutuhkan untuk mengontrol cahaya diluar agar tidak terjadi Over atau Under pada hasil foto. pada bagian ini agan usahakan menggunakannya seirit mungkin karena ada sebagian kamera yang baterainya sudah tidak diproduksi lagi. kecuali agan bisa memodifikasi atau mengakalinya contoh pada Kamera Yashica Electro 35 GSN
  • Penyimpanan Kamera
Pada bagian ini saya menyarankan agar agan menggunakan Dry Box, karena dalam Dry Box suhu dan kelembaban dapat diatur secara otomatis. Namun, karena harganya cukup mahal agan bisa menyiasatinya dengan menggunakan box plastik lalu didalamnya isi dengan silica gel dan terakhir simpan kamera ditempat sejukdan kering.

  • Penyimpanan Kamera dalam jangka waktu lama (untuk yang tidak memiliki Dry Box)
Dalam hal ini banyak sebagian orang yang salah menyimpan kamera ketika mereka sudah tidak menggunakannya lagi atau disimpan dalam jangka waktu lama sehingga saat akan dipakai lagi ternyata terdapat titik-titik jamur di Lensa atau bagian-bagian lainnya. Agar tidak terjadi hal seperti ini agan harus menghindari:
  • Menyimpan Kamera dalam Lemari baju : hal ini dapat menyebabkan jamur yang ada dalam lemari bersatu/pindah ke kamera. apalagi jika terdapat kamper/ kapur barus, bisa menyebabkan lensa berjamur.
  • Menyimpan dalam Softcase/Hardcase/LeatherCase : hal ini juga dapat menyebabkan kelembaban sehingga kamera/ lensa berjamur (ane pernah ngalamin soalnya, tapi untung masih bisa dibersihkan)
Saran dari saya sebaiknya simpan kamera didalam etalase berkaca karena dapat dipantau dan dilihat secara langsung.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More